RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Mata
Kuliah :
Pengajaran Permainan Invasi
Kelas/Semester : PJKR D 2011 / V
Alokasi
waktu : 20 menit
Hari
/ tanggal : 21
November 2013
A.
Kompetensi
Inti dan Kompetensi Dasar
No
|
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
|
Menghargai
dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
Menghayati dan mengamalkan nilai-nilai agama yang
dianut dalam melakukan aktivitas jasmani, permainan, dan olahraga,
dicerminkan dengan :
a.
Membiasakan perilaku berdoa sebelum dan sesudah
pelajaran.
b.
Selalu berusaha secara maksimal dan tawakal dengan
hasil akhir
c.
Mempraktikkan kebiasaan baik dalm berolahraga dan
latihan
|
2.
|
Menghargai
dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli, santun,
percaya diri, dalam berinteraksi dengan lingkungan sosial dan alam dalam
jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1
Berperilaku sportif dalam bermain.
2.2
Bertanggung jawab terhadap keselamatan dan kemajuan diri sendiri dan orang
lain, lingkungan sekitar, serta dalam penggunaan sarana dan presarana pembelajaran.
2.3
Menghargai perbedaan karakteristik individual dalam melakukan berbagai
aktivitas fisik.
2.4
Menunjukan kemauan kerjasama dalam melakukan berbagai aktivitas fisik dalam
bentuk permainan.
2.5
Toleransi dan mau berbagi dengan teman lain dalam penggunaan peralatan dan
kesempatan.
2.6
Disiplin dalam melakukan berbagai aktifitas fisik.
2.7
Belajar menerima kekalahan dalam permainan.
2.8
memiliki perilaku hidup sehat.
|
3.
|
Memahami
pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin
tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena
dan kejadian tampak mata.
|
3.1
Memahami pengetahuan dan tindakan P#K pada kejadian darurat, baik pada diri
sendiri maupun orang lain.
3.2
Memahami konsep gaya hidup sehat untuk mencegah berbagai penyakit
3.3
Memahami pengetahuan strategi mencegah angka (bertahan) dalam permainan bola
tangan.
3.4
Memahami taktik mencegah angka (bertahan) dalam permainan bola tangan.
|
B.
Indikator
a. Melakukan
dan melaksanakan teknik bertahan dalam permainan bola tangan.
b. Melakukan
posisi atau pergerakan-pergerakan pertahanan dalam permainan bola tangan.
c. Melakukan
atau menerapkan strategi dan taktik.
d. Menerapkan
nilai-nilai yang terkandung dalam permainan bola tangan seperti tanggung jawab,
kerja sama, sportif, keja keras, dan lain-lain.
C.
Tujuan
Pembelajaran
a. Siswa
dapat melakukan teknik bertahan dalam permainan bola tangan.
b. Dapat
melakukan posisi atau pergerakan-pergerakan pertahanan dalam permainan bola
tangan.
c. Siswa
mampu menerapkan strategi dan taktik dalam permainana.
d. Siswa
mampu menerapkan dan mengaplikasikan nilai-nilai yang terkandung dalam
permainan bola tangan baik saat pembelajaran maupun di luar pembelajaran.
D.
Permasalahan
Taktik
Mencegah angka permainan bola
tangan
E.
Metode
Pembelajaran ( Cooperation Learning )
a. Penjelasan
b. Bermain
(Game1) / pelaksanaan
c. Pertanyaan
d. Bermain
(Game2) / pelaksanaan
F.
Langkah-langkah
pembelajaran
No
|
Kegiatan
|
Alokasi Waktu
|
Metode
|
||||
1.
|
Pemanasan
-
Mempersiapkan barisan peserta didik menjadi 2 saf,
berdo’a bersama diadakan presensi penjelasan materi secara singkat
-
Dilanjutkan pemanasan (warming up) dengan
joging
|
3 menit
|
Ceramah
Pelaksanaan
|
||||
2.
|
Inti
Game 1
Pembagian
kelompok :
-
Membagi siswa menjadi dua kelompok, kelompok
bertahan dan menyerang.
= Tim Bertahan
= Tim Menyerang
Penjelasan
permainan :
-
Siswa melakukan permainan bola tangan dengan
sedikit peraturan yang dimodifikasi
-
Tim penyerang berusaha mencetak angka.
-
Tim bertahan berusaha memotong serangan lawan
dengan strategi dan taktik.
-
Tim penyerang tidak boleh membawabola lebih dari 3
detik dan 3 langkah.
-
Shooting bola harus dilakukan di luar garis daerah
kiper, shooting boleh dilakukan dengan melayang diatas daerah kiper dengan
catatan lompatan harus dimulai dari luar dari garis daerah kiper.
-
Setelah berhasil memotong bola atau serangan lawan
maka permainan langsung dimulai dari garis memulai permainan.
-
Apabila tim bertahan melakukan pelanggaran maka
permainan dimulai dari garis pelanggaran.
Pelanggaran-pelanggaran
:
-
Melempar bola keatas, kemudian ditangkap lagi
sebelum bola menyentuh pemain lain.
-
Bola menyentuh tungkai bawah atau kaki
-
Dengan sengaja melempar bola ke arah lawan
-
Memasuki daerah kiper
-
Memukul, menarik, mendorong dan menjatuhkan lawan.
Pergantian
tim / Rotasi :
-
Rotasi tim apabila tim bertahan berhasil memotong
serangan lawan
-
Apabila tim penyerang memasuki daerah lawan
-
Jika tim penyerang melakukan pelanggaran maka
dilakukan rotasi.
Perolehan
poin :
-
Apabila tim bertahan mampu memotong serangan lawan
maka mendapat poin 1 (satu)
-
Tim penyerang mendapatkan poin apabila berhasil
mencetak gol ke gawan dan poinnya 1 (satu)
|
15 menit
|
Ceramah
Demonstrasi
Game /
pelaksanaan
|
||||
|
Question
1.
Bagaimana posisi pada saat defense ?
2.
Strategi apa yang paling efesien dan efektif pada
waktu bertahan ?
3.
Bagaimana cara supaya tim musuh tidak terlalu
mudah mencetak angka dan melakukan shooting keras ?
4.
Bagaimana cara mematikan serangan lawan tanpa
harus momotong seranganya ?
Jawaban
:
1.
Posisi pada saat defensa dilakukan dengan
cara selalu berhadapan dengan musuh
dan mengikuti pergerakan musuh dan posisi harus dalam keadaan dinamis karena
untuk respon mengimbangi pergerakan lawan.
2.
Strategi yang paling efektif dan efesien dalam
bertahan adalah zone defense karena sone defen bisa sedikit mentutum lawan
untuk melakukan tembakan dan juga pastinya menghemat energi.
3.
Pemain bertahan bisa melakukan zone defense dan
presingnya sedikit atau jauh dari daerah garis kiper karena otomaris semakin
jauh jarak tembakan pasti tembakan tidak akan begitu keras dibandingkan dari
dekat.
4.
Tim bertahan bisa melakukan pressing ketat kepada
lawan sampai lawan kesulitan untuk mengumpan bola karena pemain tidak boleh
memegang bola lebih dari 3 detik.
= siswa menunggu giliran atau tempat
menunggu giliran
= kiper
= pemain bertahan
= pemain menyerang
= alur rotasi pemain
= pembatas area drill
Penjelasan
:
-
Pemain penyerang melakukan serangan dan mencetak
angka.
-
Pemain bertahan harus berusaha menghentikan
serangan dengan penjagaan zone defense
-
Pemain penyerang tidak boleh memegang bola lebih
dari 3 detik dan melangkah 3 kali
-
Dilakukan rotasi apabila telah melakuka shooting
atau serangan berhasil dipotong.
|
|
|
||||
|
Game 2
-
Untuk pelaksanaan game 2 sama dengan game 1 karena
untuk melihat perkembangan permainan dari game 1 siswa setelah melakukan sesi
question dan drill.
|
|
Ceramah
Demonstrasi
Game /
pelaksanaan
|
||||
3.
|
Penutup
-
Siswa dibariskan menjadi 2 saf untuk melakukan
pendinginan. Pendinginan yang dilakukan adalah pendinginan statis.
-
Memberikan sedikit evaluasi pembelajaran.
-
Berdo’a dan langsung menutup pembelajaran.
|
2 menit
|
Ceramah
Evaluasi
|
G.
Sumber
Belajar
Alat :
§ Lapangan
§ cone
§ Bola
Tangan
§ Gawang
§ Gamping
BOLAVITA agent dengan 1 User ID untuk semua permainan
BalasHapusInfo hub
WA:0812 2222 996