Rabu, 08 Maret 2017


RPP PERMAINAN INVASI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN


Mata Kuliah                            : Pengajaran Permainan Invasi
Kelas/Semester                        : PJKR D 2011 / V
Alokasi waktu                         : 20 menit
Hari / tanggal                          : 24 September 2013

A.    Standar Kompetensi
Mempraktikan keterampilan bermain permainan sepak bola dengan menguasai teknik dan taktik yang bertujuan untuk mencetak gol

B.     Kompetensi Dasar
Mematangkan kemampuan teknik dan taktik yang dilakukan dengan berbagai variasi untuk bertujuan mencetak gol

C.    Indikator
a.       Menggunakan keterampilan teknik dan taktik untuk mencetak gol
b.      Mengaplikasikan nilai kerjasama untuk mencapai tujuan yaitu mencetak gol

D.    Tujuan Pembelajaran
a.       Supaya peserta didik lebih kreatif dan mampu menguasai taktik dan teknik sepak bola yang bertujuan untuk mencetak gol
b.      Mampu menentukan strategi
c.       Mampu mengembangkan nilai kerjasama dalam penguasaan taktik atau strategi

E.     Materi Pembelajaran
Dribling, passing, dan shooting yang bertujuan untuk mencetak gol

F.     Metode Pembelajaran ( Cooperation Learning )
a.       Penjelasan
b.      Bermain (Game1)
c.       Pertanyaan
d.      Bermain (Game2)




G.    Langkah-langkah pembelajaran

No
Kegiatan
Alokasi Waktu
Metode
1.
Inti

 

                                                                                         




Keterangan :
         = Peserta didik
         = Laju peserta didik
         = Laju alur bola
         = Gawang

         = Batas shoot

1.       
-          Peserta didik melakukan umpan passing kepada teman pasangannya secara bergantian sambil berlari dan siswa diharapkan mampu menguasai bola dengan satu kali sentuhan.
-          Passing terus dilakukan sampai batas garis shooting
-          Apabila telah sampai batas garis shooting bola langsung di shooting ke arah gawang, shooting tidak boleh dilakukan melewati garis shooting

2.       
-          Peserta didik berpasangan dua orang dan berusaha melewati pasangan yang melakukan pertahanan.
-          Pesarta didik yang melakukan penyerangan menentukan strategi untuk melewati pemain dan mencetak gol.
-          Apabila pemain penyerang tidak mampu melewati pemain bertahan permainan langsung dihentikan.
-          Peserta didik yang sudah melakukan penyerangan langsung berganti posisi menjadi pemain bertahan dan pemain bertahan lansung menjadi pemain penyerang.



15 menit

Ceramah
Demonstrasi
Game
2.
Penutup
-          Peserta didik dibariskan menjadi 2 staf diadakan evaluasi/ koreksi terhadap kegiatan yang baru dipraktekkan.
-          Informasi-informasi
-          Berdo’a dan langsung menutup pembelajaran

5 menit


Ceramah
Evaluasi

H.    Sumber Belajar
Alat     :
§  Lapangan
§  cone
§  Bola
§  Gawang


           
           

1 komentar: