Jumat, 13 Juni 2014

PROGRAM PENGEMBANGAN DIRI (EKSTRAKULIKULER)

Kata Pengantar

Puji dan Syukur Penulis Panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat limpahan Rahmat dan Karunia-Nya sehingga penulis dapat menyusun pembuatan program ekstrakuliukuler ini tepat pada waktunya.

Dalam penyusunan program ekstakulikuler ini, penulis banyak mendapat tantangan dan hambatan akan tetapi dengan bantuan dari berbagai pihak tantangan itu bisa teratasi. Olehnya itu, penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu penulis dalam observasi dan penyusunan program ekstarakulikuler ini, semoga bantuannya mendapat balasan yang setimpal dari Tuhan Yang Maha Esa.

Penulis menyadari bahwa penyusunan program ekstarkulikuler ini masih jauh dari kesempurnaan baik dari bentuk penyusunan maupun materinya. Kritik konstruktif dari pembaca sangat penulis harapkan untuk penyempurnaan program ekstrakulikuler selanjutnya.

Akhir kata semoga program ekstrakulikuler ini dapat memberikan manfaat kepada kita sekalian.

 
             

DAFTAR ISI


      A.    KATA PENGANTAR.......................................................................................I
      B.     LATAR BELAKANG ........................................................................................1
      C.     KEGIATAN EKSTRAKULIKULER.................................................................2
 BOLA VOLI...............................................................................................2
 BOLA BASKET..........................................................................................3
 FUTSAL...................................................................................................................4
      D.    LAMPIRAN ....................................................................................................6
ANGKET PENYARINGAN BAKAT DAN MINAT...............................................6
TES KETERAMPILAN BOLA VOLI......................................................................8
TES KETERAMPILAN BOLA BASKET...............................................................13
TES KETERAMPILAN FUTSAL...........................................................................17

 

A.   Pendahuluan
1.       Latar Belakang

Kegiatan ekstrakulikuler adalah kegiatan yang berada di luar jam sekolah yang tidak tertulis di kurikulim umumnya pihak sekolah menyediakan waktu untuk pelaksanaan kegiatan ini. Kegiatan ekstrakuliukuler sangat berguja untuk pengembangan hobi, minat, dan bakat siswa dalam bidang dan kelebihanny masing-masing. Di sisi lain, pelaksanaan kegiatan ini merupakan satu bentuk perhatian sekolah paada peserta didiknya agar dapat melakukan kegiatan yang lebih positif dan bermanfaat.
Di sekolah SMK PI ambarukmo ini minat siswa cukup baik mengikuti kegiata ekstrakulikuler di sekolah karena tujuan mereka sebagian besar untuk menyalurkan hobi-hobi mereka dan kegiatran ekstrakulikuler di sekolah ini di ikuti secara berkelanjutan. Namun kegiatan ekstrakulikuler di sekolah ini bukan hanya karena hobi saja ada juga siswa yang mengikuti kegiatan ini untuk mengembangkan bakat mereka terkadang dari pihak pelatih ekstrakulikuler juga memantau apakan ada peserta didik yang berbakat.
Dalam kegitan ekstrakulikuler ada juga beberapa unsur yang menunjang kegitan tersebut seperti sarana prasarana dan tenaga pelatih ekstrakulikuler. Untuk kondisi sarana prasarana kegiatan ekstrakulikuler di SMK PI Ambarukmo ini masih jauh dari standar atau kurang baik sedangkan untuk tenaga pelatihnya sudah cukup baik karena pihak sekolah sedah mengadakan tenaga pelatih di berbagai cabor baik tenaga pelatih dari dalam sekolah atau di luar sekolah seperti guru penjas namun ada juga beberapa cabor yang tidak dilatih oleh pelatih yang sesuai cabor , untuk cabor yang tidak menggunakan tenaga pelatih yang sesuai ini terkadang untuk pelaksanaan latihan ekstakulikuler di sekolah tersebut kurang berjalan.
Diharapkan di dalam pembuatan program kegiatan ekstrakulikuler ini program-program yang dilaksanakan oleh sekolah SMK PI Ambarukmo dapat berjalan secara teratur dan terorganisani dan siswa pun bisa lebih maksimal mengembangkan bakat dan minat siswa dalam program ekstrakulikuler di sekolah.
2.     Tujuan
Tujuan kegiatan ekstrakulikuler ini adalah untuk mengembangkan potensi bakat dan minat siswa dalam olahraga serta memberikan kegiatan yang positif bagi para siswa/siswi SMK PI Ambarukmo.
3.     Jenis kegiatan
Jenis ekstrakulikuler di SMK PI Ambarukmo yang diselenggarakan pada tahun ini adalah : Bola Voli, Bola Basket, Futsal.
B.     KEGIATAN-KEGIATAN EKSTRAKULIKULER
1.      BOLA VOLI
a.       Deskripsi Program Kerja
Kegiatan ekstrakulikuler bola voli di SMK PI Ambarukmo akan di selenggarakan selama 8 bulan dari mulai 1 februari sampai 30 mei dan 1 juli sampai 30 oktober. Program latihan akan berorientasi pada pemahaman berbain bola voli serta berorientasi pada keterampilan teknik dan taktik bola voli.
b.      Hasil yang diharapkan
Targrt tim bola voli sekolah adalah maenjadi juara dalam POPDA tingkat SMA/SMK.
c.       Pengorganisasian Pelaksanaan Program Kerja
Kegiatan ekstrakulikuler tahun 2014 diketuai oleh Yuni Asmaili S,Pd. Untuk menyiapkan alat dibentuk tim piket. Adanya kapten tim.... dan sebagainya.
d.      Waktu pelaksanaan Program Kerja
Pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler bola voli adalah pada hari senin. Dengan lama waktu latihan 2 jam 30 menit.
e.       Pembina
Pembina kegiatan ekstarakulikuler adalah ibu Yuni Asmaili S,Pd.
f.       Jumlah Anggota
Jumlah anggota kegiatan ekstrakulikuler adalah .... orang.
g.      Pembiayaan
Biaya untuk kegiatan ekstrakulikuler dari yayasan sekolah.
h.      Tempat, Sarana dan Prasarana
Pelaksanaan latihan di sekolah. Sarana prasarana yang dibutruhkan dalam latihan adalah lapangan voli, bola voli, dan net bola voli.
i.        Penilaian
Penilaian dilakukan dengan
2.      BOLA BASKET
a.       Deskripsi Program Kerja
Kegiatan ekstrakulikuler bola basket di SMK PI Ambarukmo akan di selenggarakan selama 8 bulan dari mulai 1 februari sampai 30 mei dan 1 juli sampai 30 oktober. Program latihan akan berorientasi pada pemahaman bermain bola basket serta berorientasi pada keterampilan teknik dan taktik bola basket.
b.      Hasil yang diharapkan
Target tim bola basket sekolah adalah maenjadi juara dalam POPDA tingkat SMA/SMK.

c.       Pengorganisasian Pelaksanaan Program Kerja
Kegiatan ekstrakulikuler tahun 2014 diketuai oleh  Sudaryanto. Untuk menyiapkan alat dibentuk tim piket. Adanya kapten tim dan sebagainya.
d.      Waktu pelaksanaan Program Kerja
Pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler bola basket adalah pada hari selasa. Dengan lama waktu latihan 2 jam.
e.       Pembina
Pembina kegiatan ekstarakulikuler adalah bapak Denis.
f.       Jumlah Anggota
Jumlah anggota kegiatan ekstrakulikuler adalah .... orang.
g.      Pembiayaan
Biaya untuk kegiatan ekstrakulikuler dari yayasan sekolah.
h.      Tempat, Sarana dan Prasarana
Pelaksanaan latihan di sekolah. Sarana prasarana yang dibutruhkan dalam latihan adalah lapangan basket, dan bola basket.
i.        Penilaian

3.      FUTSAL
a.       Deskripsi Program Kerja
Kegiatan ekstrakulikuler futsal di SMK PI Ambarukmo akan di selenggarakan selama 8 bulan dari mulai 1 februari sampai 30 mei dan 1 juli sampai 30 oktober. Program latihan akan berorientasi pada pemahaman bermain futsal serta berorientasi pada keterampilan teknik dan taktik futsal.
b.      Hasil yang diharapkan
Targrt tim futsal sekolah adalah maenjadi juara dalam POPDA tingkat SMA/SMK.
c.       Pengorganisasian Pelaksanaan Program Kerja
Kegiatan ekstrakulikuler tahun 2014 diketuai oleh Sudaryanto. Untuk menyiapkan alat dibentuk tim piket. Adanya kapten tim.... dan sebagainya.
d.      Waktu pelaksanaan Program Kerja
Pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler futsal adalah pada hari jumat. Dengan lama waktu latihan 2 jam.
e.       Pembina
Pembina kegiatan ekstarakulikuler adalah bapak Sudaryanto.
f.       Jumlah Anggota
Jumlah anggota kegiatan ekstrakulikuler adalah .... orang.
g.      Pembiayaan
Biaya untuk kegiatan ekstrakulikuler dari yayasan sekolah.
h.      Tempat, Sarana dan Prasarana
Pelaksanaan latihan di sekolah. Sarana prasarana yang dibutruhkan dalam latihan adalah lapangan futsal gelora futsal, bola futsal.
i.        Penilaian






LAMPIRAN
ANGKET PENYARINGAN BAKAT DAN MINAT SISWA
Angket ini disusun untuk mengetahui bakat dan minat siswa. Hasil dari angket ini digunakan sebagai pertimbangan dalam menempatkan siswa pada kegiatan ekstrakurikuler secara tepat. Angket ini tidak ada hubungannya dengan nilai mata pelajaran. Silahkan anda memilih jawaban yang paling sesuai dengan diri anda.

Petunjuk pengisian:
Bacalah pertanyaan-pertanyaan yang ada di bawah ini dengan teliti, pilih jawaban yang anda rasa paling sesuai dengan diri anda dengan memberikan tanda silang (X), jawaban boleh lebih dari satu.


1) Apakah anda mengikuti esktrakulikuler di sekolah ?
a) Ya                           b) Tidak

2) Ekstrakulikuler apakah yang anda ikuti di sekolah ?         
a)      Jika Ya, apa …………………………………………
b)      Jika Tidak, mengapa…………………………………

3) Apakah ekstrakulikuler yang anda ikuti sudah berjalan dengan baik ?
a) Ya                           b) Tidak

4) Menurut pandangan anda, ekstrakulikuler apakah yang paling diminati oleh
    para siswa ?
a) basket           b) Volly           c) Futsal          d) (pilihan lain)

5) Apakah ada perubahan dalam diri anda, setelah mengikuti kegiatan
ekstrakulikuler ?
a) Ya                           b) Tidak

6) Apakah faktor teman berpengaruh pada minat kegiatan ekstrakulikuler anda ?
a) Ya, mengapa ………………………………………………………………….
b) Tidak, mengapa………………………………………………………………..

7) Apakah setelah anda mengikuti ekstrakulikuler bakat dan minat anda dapat
    tersalurkan ?           
a) Ya                           b) Tidak

8) Apakah anda bisa menyeimbangi antara waktu bermain dengan ekstrakulikuler ?
a) Ya                           b) Tidak

9) Apakah prestasi ekstrakulikuler anda baik ?
a) Ya                           b) Tidak



10) Apa yang membuat anda bersungguh – sungguh dalam mengikuti
      ekstrakulikuler ?
a)      Tekad dari diri sendiri                   c) pengaruh teman atau pacar
b)      Dorongan orang tua                     
11) Pernakah kamu melakukan pertandingan olahraga?
a.       Pernah, Sebutkan ………………………
b.      tidak
c.       lain-lain
12)    Pertandingan apa yang pernah kamu ikuti?
d.      antar sekolah
e.       antar kampong/desa
f.       lain-lain
13)    Pernahkah kamu mendapatkan juara dalam pertandingan olahraga?
a.       pernah
b.      tidak
c.       lain-lain



TES KETRAMPILAN BOLA VOLI

1. Tujuan :
Ingin menyusun tes ketrampilan bermain bola voli bagi siswa  SMK PI Ambarukmo.


Identifikasi Kemampuan yang Akan Diukur
Hasil observasi permainan bola voli pada kegiatan Ekstrakulikuler Bola voli SMK PI Ambarukmo.


No.
Komponen Ketrampilan Bola Basket
Frekuensi
Jumlah
1.
Passing bawah

2.
Passing atas

3.
Service




3. Memilih butir gerak :
   1. Passing bawah
   2. Passing atas
3. Service
4. Fasilitas dan Peralatan
   1. Lapangan bola voli
   2. Bola voli
   4. Stopwach

5. Tes passing bawah, passing atas, dan service dilakukan pada  siswa ekstrakulikuler SMK PI Ambarukmo
6. Subjek yang digunakan adalah siswa anggota Ekstrakulikuler Bola voli SMK PI Ambarukmo



















Instrument
Tes Ketrampilan Bola voli

1.      Passing atas ke tembok setinggi 3 meter
a.       Tujuan
Tes ini mengukur ketrampilan siswa off AB dalam passing atas
b.      Alat dan perlengkapan
1)      Stopwatch
2)      Bola voli
3)      Alat – alat tulis
4)      Lapangan
5)      Dinding minimal setinggi 3 meter
c.       Sasaran
Tes ini berlaku untuk  siswa kegiatan ekstrakulikuler SMK PI Ambarukmo
d.      Validitas
Validitas tes berupa content validity
e.       Reliabilitas
Reliabilitas yang digunakan adalah tes ulang
f.       Prosedur pelaksanaan
1)      Petugas :
Seorang penghitung waktu dan 1 orang pencatat skor
2)      Pelaksanaan Tes
Peserta tes pertama di panggil kemudian menghadap ke depan tembok dengan membawa bola voli, kemudian saat juri berkata mulai peserta memantulkan bola ke atas dan memulai melakukan passing atas selama 60 detik dan tes ini dilakukan 2 kali

3)      Penilaian
Skor yang dicatat adalah jumlah bola yang memantul ke dinding minimal setinggi 3 meter selama 60 detik



  
2.      Passing bawah
a.       Tujuan
Tes ini mengukur ketrampilan melakukan passing bawah dalam permainan bola voli
b.      Alat dan perlengkapan
1)      Alat – alat tulis
2)      Bola voli
3)      Lapangan
4)      Stopwatch
5)      Dinding minimal setinggi 3 meter
c.       Sasaran
Tes ini berlaku untuk  siswa kegiatan ekstrakulikuler SMK PI Ambarukmo
d.      Validitas
Validitas tes berupa content validity
e.       Reliabilitas
Reliabilitas yang digunakan adalah tes ulang
f.       Prosedur pelaksanaan
1)      Petugas
3 orang sebagai pengambil bola, 1 orang sebagai pencatat skor, 1 orang sebagai penghitung waktu
2)      Pelaksanaan Tes
Peserta tes pertama di panggil kemudian menghadap ke depan tembok dengan membawa bola voli, kemudian saat juri berkata mulai peserta memantulkan bola ke atas dan memulai melakukan passing bawah selama 60 detik dan tes ini dilakukan 2 kali
3)      Penilaian
Skor yang dicatat adalah jumlah bola yang memantul ke dinding minimal setinggi 3 meter selama 60 detik
3.      Service
a.       Tujuan
Tes ini mengukur ketrampilan melakukan service bawah dalam permainan bola voli
b.      Alat dan perlengkapan
1)      Alat – alat tulis
2)      Bola voli
3)      Lapangan Bola Voli
4)      Net Bola voli
5)      Stopwatch
c.       Sasaran
Tes ini berlaku untuk  siswa kegiatan ekstrakulikuler SMK PI Ambarukmo
d.      Validitas
Validitas tes berupa content validity
e.       Reliabilitas
Reliabilitas yang digunakan adalah tes ulang
f.       Prosedur pelaksanaan
1.         Petugas
3 orang sebagai pengambil bola, 1 orang sebagai pencatat skor, 1 orang sebagai penghitung waktu
2.      Pelaksanaan Tes
Peserta tes pertama di panggil kemudian berdiri di garis service lapangan bola voli dengan membawa bola voli, kemudian saat juri berkata mulai peserta melakukan tekik service bola melewati net dan mengenai tiga target yang telah ditentukan memulai melakukan service selama 60 detik dan tes ini dilakukan 2 kali
3.      Penilaian
Skor yang dicatat adalah jumlah bola yang berhasil menyebrang net dan mengenai target selama 60 detik.





















TEST KETRAMPILAN BOLA BASKET
EKSTRAKULIKULER

A.    TEST DRIBEL & LAY-UP
Tes dribel dan lay-up adalah test yang menjadi satu rangkaian. Dimana dalam permaianan bola basket dribel dan lay-up adalah salah satu kombinasi dalam mncetak angka/skor. Oleh karena itu penilai mengabungkan test menjadi satu bagian namun dalam skala penilaian tetap di amati satu bagian saja dribel dan lay-upnya. Test ini di bagi menjadi dua yaitu dribel lay-up kanan dan dribel dan lay-up kiri.
Pedoman pengamatan penilaian dan pelaksanaan test keterampilan bola basket dribel & lay-up kanan dan kiri :
Indikator        : Menunjukkan keterampilan dasar bola basket dribel dan lay-up
Penjelasan      : Indikator tersebut menunjukakan keterampilan dribel & lay-up kanan dan kiri
Pelaksanaan   :
  1. Perserta berbaris urut sesuai dengan presensi, mengambil posisi di tengah lapangan sebelah kanan untuk dribel lay-up kanan dan kiri untuk dribel lay-up kiri, perserta menunggu pangilan untuk melakukan test.
  2. Perserta melakukan dribel dan lay-up sesuai dengan teknik dasar yang benar.
  3. Bola di dribel mulai dai tengah lapangan, bila mulai dari kanan maka dribel kanan dan apabila mulai dari kiri dribel kiri.
Diskriptor      :
  1. Dribel dilakukan dengan teknik dan cara yang benar
  2. Bola hasil lay-Up harus masuk.
Skala penilaian :  
5 = Jika perserta menampilkan teknik dan cara yang sangat baik bola masuk
4 = Jika perserta menampilkan teknik dan cara yang baik bola masuk
3 = Jika perserta menampilkan teknik dan cara yang cukup baik bola masuk
2 = Jika perserta menampilkan teknik dan cara yang kurang baik bola tidak masuk
1 = Jika perserta menampilkan teknik dan cara yang kurang bola tidak masuk

B.     SHOOTING FREE ROW & TREE POINT
Test shoting adalah salah satu test keterampilan bola basket yang arus dilakukan. Karena shooting merupakan keterampilan yang harus di miliki untuk memasukan bola baik dari jarak jauh dan dekat dengan cara di shooting. Test shooting ada du bagian yaitu test shoting free trow dan shoting tree point. Boleh menggunakan tangan kanan atau kiri di sesuaikan dengan kemampuan.
Pedoman pengamatan penilaian dan pelaksanaan test keterampilan bola basket shooting Free Trow:
Indikator        : Menunjukkan keterampilan dasar bola basket shooting
Penjelasan      : Indikator tersebut menunjukkan keterampilan shooting free trow
Pelaksanaan   :
  1. Shoting dilakukan sesuai dengan urutan daftar presensi perserta.
  2. Shoting di mulai di tengah lingkaran (daerah tembakan Free trow)
  3. Perserta di berikan kesempatan shooting 5 kali dan 2 kali shoting percobaan
Diskriptor      :
  1. Shoting dilakukan dengan teknik dan cara yang benar
  2. Bola harus masuk kedalam keranjang
  3. Perserta harus dapat memasukkan bola minimal sebanyak 3 kali
Skala penilaian :  
5 = Teknik dan cara melakukan shooting sangat baik bola masuk sebanyak > 4 kali
4 = Teknik dan cara melakukan shooting baik bola masuk sebanyak > 3 kali
3 = Teknik dan cara melakukan shooting cukup baik bola masuk sebanyak ≤ 3 kali
2 = Teknik dan cara melakukan shooting kurang baik bola masuk sebanyak < 3 kali
1 = Teknik dan cara melakukan shooting kurang bola masuk < 3 kali
Pedoman pengamatan penilaian dan pelaksanaan test keterampilan bola basket shooting Tree Point:
Indikator        : Menunjukkan keterampilan dasar bola basket shooting
Penjelasan      : Indikator tersebut menunjukkan keterampilan shooting tree point
Pelaksanaan   :
  1. Shoting dilakukan sesuai dengan urutan daftar presensi perserta.
  2. Shoting dilakukan bebas di luar daerah tembakan tiga angka.
  3. Perserta di berikan kesempatan shooting 5 kali dan 2 kali shoting percobaan
Diskriptor      :
  1. Shoting dilakukan dengan teknik dan cara yang benar
  2. Bola harus masuk kedalam keranjang
  3. Perserta harus dapat memasukkan bola minimal sebanyak 2 kali
Skala penilaian :  
5 = Teknik dan cara melakukan shooting sangat baik bola masuk sebanyak > 3 kali
4 = Teknik dan cara melakukan shooting baik bola masuk sebanyak > 2 kali
3 = Teknik dan cara melakukan shooting cukup baik bola masuk sebanyak ≤ 2 kali
2 = Teknik dan cara melakukan shooting kurang baik bola masuk sebanyak < 2 kali
1 = Teknik dan cara melakukan shooting kurang bola masuk < 2 kali


C.    UNDER BASKET
Under basket adalah salah satu test dalam teknik dasar bol basket untuk mengetahui bagaimana persrta dapat memasukkan bola pada jarak yang dekat dalam waktu satu menit.
Pedoman penilaian dan pelaksanaan test kterampilan bola basket under basket :
Indikator        : Menunjukkan keterampilan dasar bola basket shooting
Penjelasan         : Indikator tersebut menunjukan keterampilan shooting jarak dekat (under basket)
Pelaksanaan   :
  1. Under basket dilakukan sesuia dengan ururtan daftar presensi perserta
  2. Under basket dilakukan dan di mulai di bawah ring
  3. Perserta harus memasukkan bola sebanyak mungkin dalam waktu satu menit
Diskriptor      :
  1. Shooting harus dilakukan dengan teknik dan cara yang benar
  2. Bola harus masuk kedalam keranjang
  3. Jumlah minimal bola yang masuk adalah 18 kali
Skala penilaian :  
5 = Teknik dan cara melakukan under basket sangat baik bola masuk sebanyak > 25 kali
4 = Teknik dan cara melakukan under basket baik bola masuk sebanyak > 18 kali
3 = Teknik dan cara melakukan under basket cukup baik bola masuk sebanyak ≤ 18 kali
2 = Teknik dan cara melakukan under basket kurang baik bola masuk sebanyak < 18 kali
1 = Teknik dan cara melakukan under basket kurang bola masuk < 18 kali





TES KETRAMPILAN FUTSAL
EKSTRAKULIKULER

Tujuan : Ingin menyusun tes ketrampilan teknik futsal siswa ekstrakulikuler SMK PI Ambarukmo.
Memilih butir gerak :

No.
Komponen Ketrampilan Bola Basket
Jumlah
1.
jugling

2.
Tendangan ke gawang

3.
Passing



a.       Juggling
b.      Tendangan ke gawang
c.       Passing
Fasilitas dan peralatan :
a.       Lapangan futsal
b.      Gawang futsal
c.       Bola futsal
d.      Cone
e.       Peluit
f.       Stopwatch

Laksanakan Percobaan dan Revisi Butir Tes
Tes juggling, passing dan menendang bola ke gawang dilakukan siswa peserta ekstrakulikuler futsal SMK PI Ambarukmo
Subjek :
subjek yang digunakan adalah siswa ekstrakulikuler futsal SMK PI Ambarukmo.
Validitas :
Validitas tes yang digunakan adalah membandingkan hasil tes buatan pelatih.
Realibilitas :
Realibilitas instrument yang digunakan adalah dengan cara tes ulang, yang dilakukan dengan cara setiap testi melakukan tes sebanyak 2 kali ulangan. Hasil tes pertama da awal pertemuan, tes kedua di pertengahan pertemuan dan ketiga di akhir pertemuan dikorelasikan untuk memperoleh realibilitas.
Instrument :
Instrument ini merupakan instrumen yang disusun pelatih, sebagai instrument yang baru, maka norma yang digunakan adalah penilaian acuan norma (PAN), prinsip dasar yang digunakan adalah menggunakan kurve normal, dan pembagian yang dilakukan didasarkan simpangan baku.
a.       Panduan untuk tes jugling.
b.      Panduan untuk tes tendangan ke gawang.
c.       Panduan untuk tes passing
INSTRUMEN PENELITIAN TES KETRAMPILAN SEPAK BOLA
1. Jugling
a. Tujuan :
tes ini untuk mengukur ketrampilan para anak didik di ekstrakulikuler dalam mempertahankan bola.
b. Alat dan perlengkapan :
1. stopwatch
2. alat tulis
3. bola sepak
4. lapangan
c. Sasaran :
Tes ini berlaku untuk peserta ekstrakulikuler SMK PI Ambarukmo
d. Validitas :
Validitas tes berupa Content validity
e. Realibilitas :
Realibilitas yang digunakan dalah tes ulang sebanyak dua kali
f. Prosedur pelaksanaan :
1) Petugas : seorang peghitung waktu dan pencatat skor
2) Pelaksanaan tes :
Testi berdiri di lapangan dengan memegang sebuah bola sepak, ketika ada aba – aba “ mulai” maka testi mulai menjugling bola dengan menggunakan kaki selama 60 detik.
3) Penilaian :
Skor yang dicatat adalah jumlah juggling bola selama 60 detik, yang dilakukan dengan pantulan bola.

2. Menendang bola ke gawang
a. Tujuan :
Tes ini bertujuan untuk mengukur keterampilan tendangan ke gawang dalam permainan futsal.
b. Alat dan perlengkapan :
1) alat – alat tulis
2) Bola sepak 10 buah
3) Lapangan permainan dengan gawang dan garis / cone sebagai tempat melakukan tendangan.
c. Sasaran :
Tes ini berlaku untuk peserta ekstrakulikuler SMK PI Ambarukmo
d. Validitas :
Validitas tes berupa Conten validity
e. Reliabilitas :
Realibilitas yang digunakan adalah tes ulang.
f. Prosedur pelaksanaan :
1) Petugas :
Seorang membawa peluit,penghitung bola yang masuk ke gawang dan pencatat skor.
2) Pelaksanaan tes :
Testi berdiri di garis batas yang berada di depan gawang dengan jarak 15 meter dari gawang, kemudian 10 bola diletakan digaris tersebut. Setelah ada bunyi peluit testi mulai menendang bola ke gawang satu per satu, dari awal tendangan testi dilarang berhenti sampai ke tendangan yang ke 10.

3. Passing
a. Tujuan :
tes ini untuk mengukur ketrampilan para anak didik di ekstrakulikuler dalam mengumpan bola.
b. Alat dan perlengkapan :
1. Alat tulis
2. bola sepak
3. Lapangan
4. Cone
5. Peluit

c. Sasaran :
Tes ini berlaku untuk peserta ekstrakulikuler SMK PI Ambarukmo
d. Validitas :
Validitas tes berupa Content validity
e. Realibilitas :
Realibilitas yang digunakan dalah tes ulang sebanyak dua kali
f. Prosedur pelaksanaan :
1) Petugas : seorang peghitung waktu dan pencatat skor
2) Pelaksanaan tes :
Testi berdiri di lapangan di garis memulai dengan memegang sebuah bola sepak, ketika ada aba – aba “ mulai” maka testi mulai melakukan passing bola ke arah target yang di beri tanda gengan cone sebanyak 10 kali kesempatan.
 3) Penilaian :
Skor yang dicatat adalah jumlah bola masuk ke target dimulai dari passingan pertama hingga passingan ke 10.











1 komentar: