Kata Pengantar
Puji dan
Syukur Penulis Panjatkan ke Hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena berkat limpahan
Rahmat dan Karunia-Nya sehingga penulis dapat menyusun pembuatan program ekstrakuliukuler
ini tepat pada waktunya.
Dalam
penyusunan program ekstakulikuler ini, penulis banyak mendapat tantangan dan
hambatan akan tetapi dengan bantuan dari berbagai pihak tantangan itu bisa
teratasi. Olehnya itu, penulis mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya
kepada semua pihak yang telah membantu penulis dalam observasi dan penyusunan
program ekstarakulikuler ini, semoga bantuannya mendapat balasan yang setimpal
dari Tuhan Yang Maha Esa.
Penulis
menyadari bahwa penyusunan program ekstarkulikuler ini masih jauh dari
kesempurnaan baik dari bentuk penyusunan maupun materinya. Kritik konstruktif
dari pembaca sangat penulis harapkan untuk penyempurnaan program
ekstrakulikuler selanjutnya.
Akhir
kata semoga program ekstrakulikuler ini dapat memberikan manfaat kepada kita
sekalian.
DAFTAR ISI
A.
KATA PENGANTAR.......................................................................................I
B.
LATAR BELAKANG
........................................................................................1
C.
KEGIATAN
EKSTRAKULIKULER.................................................................2
BOLA VOLI...............................................................................................2
BOLA BASKET..........................................................................................3
FUTSAL...................................................................................................................4
D.
LAMPIRAN
....................................................................................................6
ANGKET PENYARINGAN BAKAT DAN
MINAT...............................................6
TES KETERAMPILAN BOLA
VOLI......................................................................8
TES KETERAMPILAN BOLA
BASKET...............................................................13
TES KETERAMPILAN
FUTSAL...........................................................................17
|
|||
A.
Pendahuluan
1. Latar Belakang
Kegiatan
ekstrakulikuler adalah kegiatan yang berada di luar jam sekolah yang tidak
tertulis di kurikulim umumnya pihak sekolah menyediakan waktu untuk pelaksanaan
kegiatan ini. Kegiatan ekstrakuliukuler sangat berguja untuk pengembangan hobi,
minat, dan bakat siswa dalam bidang dan kelebihanny masing-masing. Di sisi
lain, pelaksanaan kegiatan ini merupakan satu bentuk perhatian sekolah paada
peserta didiknya agar dapat melakukan kegiatan yang lebih positif dan
bermanfaat.
Di sekolah SMK PI
ambarukmo ini minat siswa cukup baik mengikuti kegiata ekstrakulikuler di
sekolah karena tujuan mereka sebagian besar untuk menyalurkan hobi-hobi mereka
dan kegiatran ekstrakulikuler di sekolah ini di ikuti secara berkelanjutan.
Namun kegiatan ekstrakulikuler di sekolah ini bukan hanya karena hobi saja ada
juga siswa yang mengikuti kegiatan ini untuk mengembangkan bakat mereka
terkadang dari pihak pelatih ekstrakulikuler juga memantau apakan ada peserta
didik yang berbakat.
Dalam kegitan ekstrakulikuler
ada juga beberapa unsur yang menunjang kegitan tersebut seperti sarana
prasarana dan tenaga pelatih ekstrakulikuler. Untuk kondisi sarana prasarana
kegiatan ekstrakulikuler di SMK PI Ambarukmo ini masih jauh dari standar atau
kurang baik sedangkan untuk tenaga pelatihnya sudah cukup baik karena pihak
sekolah sedah mengadakan tenaga pelatih di berbagai cabor baik tenaga pelatih
dari dalam sekolah atau di luar sekolah seperti guru penjas namun ada juga
beberapa cabor yang tidak dilatih oleh pelatih yang sesuai cabor , untuk cabor
yang tidak menggunakan tenaga pelatih yang sesuai ini terkadang untuk
pelaksanaan latihan ekstakulikuler di sekolah tersebut kurang berjalan.
Diharapkan di dalam
pembuatan program kegiatan ekstrakulikuler ini program-program yang
dilaksanakan oleh sekolah SMK PI Ambarukmo dapat berjalan secara teratur dan
terorganisani dan siswa pun bisa lebih maksimal mengembangkan bakat dan minat
siswa dalam program ekstrakulikuler di sekolah.
2.
Tujuan
Tujuan kegiatan
ekstrakulikuler ini adalah untuk mengembangkan potensi bakat dan minat siswa
dalam olahraga serta memberikan kegiatan yang positif bagi para siswa/siswi SMK
PI Ambarukmo.
3.
Jenis
kegiatan
Jenis ekstrakulikuler
di SMK PI Ambarukmo yang diselenggarakan pada tahun ini adalah : Bola Voli,
Bola Basket, Futsal.
B.
KEGIATAN-KEGIATAN
EKSTRAKULIKULER
1. BOLA VOLI
a. Deskripsi
Program Kerja
Kegiatan ekstrakulikuler bola voli di SMK PI
Ambarukmo akan di selenggarakan selama 8 bulan dari mulai 1 februari sampai 30
mei dan 1 juli sampai 30 oktober. Program latihan akan berorientasi pada
pemahaman berbain bola voli serta berorientasi pada keterampilan teknik dan
taktik bola voli.
b. Hasil
yang diharapkan
Targrt tim bola voli sekolah adalah maenjadi juara
dalam POPDA tingkat SMA/SMK.
c. Pengorganisasian
Pelaksanaan Program Kerja
Kegiatan ekstrakulikuler tahun 2014 diketuai oleh Yuni
Asmaili S,Pd. Untuk menyiapkan alat dibentuk tim piket. Adanya kapten
tim.... dan sebagainya.
d. Waktu
pelaksanaan Program Kerja
Pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler bola voli
adalah pada hari senin. Dengan lama waktu latihan 2 jam 30 menit.
e. Pembina
Pembina kegiatan ekstarakulikuler adalah ibu Yuni
Asmaili S,Pd.
f. Jumlah
Anggota
Jumlah anggota kegiatan ekstrakulikuler adalah ....
orang.
g. Pembiayaan
Biaya untuk kegiatan ekstrakulikuler dari yayasan
sekolah.
h. Tempat,
Sarana dan Prasarana
Pelaksanaan latihan di sekolah. Sarana prasarana
yang dibutruhkan dalam latihan adalah lapangan voli, bola voli, dan net bola
voli.
i.
Penilaian
Penilaian dilakukan dengan
2. BOLA BASKET
a. Deskripsi
Program Kerja
Kegiatan ekstrakulikuler bola basket di SMK PI
Ambarukmo akan di selenggarakan selama 8 bulan dari mulai 1 februari sampai 30
mei dan 1 juli sampai 30 oktober. Program latihan akan berorientasi pada
pemahaman bermain bola basket serta berorientasi pada keterampilan teknik dan
taktik bola basket.
b. Hasil
yang diharapkan
Target tim bola basket sekolah adalah maenjadi juara
dalam POPDA tingkat SMA/SMK.
c. Pengorganisasian
Pelaksanaan Program Kerja
Kegiatan ekstrakulikuler tahun 2014 diketuai
oleh Sudaryanto. Untuk menyiapkan
alat dibentuk tim piket. Adanya kapten tim dan sebagainya.
d. Waktu
pelaksanaan Program Kerja
Pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler bola basket
adalah pada hari selasa. Dengan lama waktu latihan 2 jam.
e. Pembina
Pembina kegiatan ekstarakulikuler adalah bapak
Denis.
f. Jumlah
Anggota
Jumlah anggota kegiatan ekstrakulikuler adalah ....
orang.
g. Pembiayaan
Biaya untuk kegiatan ekstrakulikuler dari yayasan
sekolah.
h. Tempat,
Sarana dan Prasarana
Pelaksanaan latihan di sekolah. Sarana prasarana
yang dibutruhkan dalam latihan adalah lapangan basket, dan bola basket.
i.
Penilaian
3. FUTSAL
a. Deskripsi
Program Kerja
Kegiatan ekstrakulikuler futsal di SMK PI Ambarukmo
akan di selenggarakan selama 8 bulan dari mulai 1 februari sampai 30 mei dan 1
juli sampai 30 oktober. Program latihan akan berorientasi pada pemahaman
bermain futsal serta berorientasi pada keterampilan teknik dan taktik futsal.
b. Hasil
yang diharapkan
Targrt tim futsal sekolah adalah maenjadi juara
dalam POPDA tingkat SMA/SMK.
c. Pengorganisasian
Pelaksanaan Program Kerja
Kegiatan ekstrakulikuler tahun 2014 diketuai oleh Sudaryanto.
Untuk menyiapkan alat dibentuk tim piket. Adanya kapten tim.... dan sebagainya.
d. Waktu
pelaksanaan Program Kerja
Pelaksanaan kegiatan ekstrakulikuler futsal adalah
pada hari jumat. Dengan lama waktu latihan 2 jam.
e. Pembina
Pembina kegiatan ekstarakulikuler adalah bapak
Sudaryanto.
f. Jumlah
Anggota
Jumlah anggota kegiatan ekstrakulikuler adalah ....
orang.
g. Pembiayaan
Biaya untuk kegiatan ekstrakulikuler dari yayasan
sekolah.
h. Tempat,
Sarana dan Prasarana
Pelaksanaan latihan di sekolah. Sarana prasarana
yang dibutruhkan dalam latihan adalah lapangan futsal gelora futsal, bola
futsal.
i.
Penilaian
LAMPIRAN
ANGKET
PENYARINGAN BAKAT DAN MINAT SISWA
Angket ini disusun untuk mengetahui bakat dan
minat siswa. Hasil dari angket ini digunakan sebagai pertimbangan dalam
menempatkan siswa pada kegiatan ekstrakurikuler secara tepat. Angket ini tidak
ada hubungannya dengan nilai mata pelajaran. Silahkan anda memilih jawaban yang
paling sesuai dengan diri anda.
Petunjuk pengisian:
Bacalah pertanyaan-pertanyaan yang ada di bawah
ini dengan teliti, pilih jawaban yang anda rasa paling sesuai dengan diri anda
dengan memberikan tanda silang (X), jawaban boleh lebih dari satu.
1) Apakah anda mengikuti esktrakulikuler di sekolah ?
a)
Ya b)
Tidak
2) Ekstrakulikuler apakah yang anda ikuti di sekolah
?
a) Jika Ya, apa
…………………………………………
b) Jika Tidak,
mengapa…………………………………
3) Apakah ekstrakulikuler yang anda ikuti sudah
berjalan dengan baik ?
a)
Ya b)
Tidak
4) Menurut pandangan anda, ekstrakulikuler apakah yang
paling diminati oleh
para siswa ?
a) basket b)
Volly c)
Futsal d) (pilihan
lain)
5) Apakah ada perubahan dalam diri anda, setelah
mengikuti kegiatan
ekstrakulikuler ?
a)
Ya b)
Tidak
6) Apakah faktor teman berpengaruh pada minat kegiatan
ekstrakulikuler anda ?
a) Ya, mengapa ………………………………………………………………….
b) Tidak, mengapa………………………………………………………………..
7) Apakah setelah anda mengikuti ekstrakulikuler bakat
dan minat anda dapat
tersalurkan
?
a)
Ya b)
Tidak
8) Apakah anda bisa menyeimbangi antara waktu bermain
dengan ekstrakulikuler ?
a)
Ya b)
Tidak
9) Apakah prestasi ekstrakulikuler anda baik ?
a)
Ya b)
Tidak
10) Apa yang membuat anda bersungguh – sungguh dalam
mengikuti
ekstrakulikuler ?
a) Tekad
dari diri sendiri c)
pengaruh teman atau pacar
b) Dorongan
orang
tua
11) Pernakah
kamu melakukan pertandingan olahraga?
a. Pernah,
Sebutkan ………………………
b. tidak
c. lain-lain
12) Pertandingan
apa yang pernah kamu ikuti?
d. antar
sekolah
e. antar kampong/desa
f. lain-lain
13) Pernahkah
kamu mendapatkan juara dalam pertandingan olahraga?
a. pernah
b. tidak
c.
lain-lain
TES
KETRAMPILAN BOLA VOLI
1. Tujuan :
Ingin menyusun
tes ketrampilan bermain bola voli bagi siswa
SMK PI Ambarukmo.
Identifikasi Kemampuan yang Akan Diukur
Hasil observasi
permainan bola voli pada kegiatan Ekstrakulikuler Bola voli SMK PI Ambarukmo.
No.
|
Komponen
Ketrampilan Bola Basket
|
Frekuensi
|
Jumlah
|
1.
|
Passing bawah
|
|
|
2.
|
Passing atas
|
|
|
3.
|
Service
|
|
3. Memilih butir gerak :
1. Passing bawah
2. Passing atas
3.
Service
4. Fasilitas dan
Peralatan
1. Lapangan bola voli
2. Bola voli
4. Stopwach
5. Tes passing bawah, passing atas, dan
service dilakukan pada siswa
ekstrakulikuler SMK PI Ambarukmo
6. Subjek yang
digunakan adalah siswa anggota Ekstrakulikuler Bola voli SMK PI Ambarukmo
Instrument
Tes
Ketrampilan Bola voli
1. Passing
atas ke tembok setinggi 3 meter
a.
Tujuan
Tes ini mengukur
ketrampilan siswa off AB dalam passing atas
b.
Alat dan perlengkapan
1)
Stopwatch
2)
Bola voli
3)
Alat – alat tulis
4)
Lapangan
5)
Dinding minimal
setinggi 3 meter
c.
Sasaran
Tes ini berlaku
untuk siswa kegiatan ekstrakulikuler SMK
PI Ambarukmo
d.
Validitas
Validitas tes berupa
content validity
e.
Reliabilitas
Reliabilitas yang
digunakan adalah tes ulang
f.
Prosedur pelaksanaan
1)
Petugas :
Seorang penghitung
waktu dan 1 orang pencatat skor
2)
Pelaksanaan Tes
Peserta tes pertama di
panggil kemudian menghadap ke depan tembok dengan membawa bola voli, kemudian
saat juri berkata mulai peserta memantulkan bola ke atas dan memulai melakukan
passing atas selama 60 detik dan tes ini dilakukan 2 kali
3)
Penilaian
Skor yang dicatat
adalah jumlah bola yang memantul ke dinding minimal setinggi 3 meter selama 60
detik
2. Passing
bawah
a.
Tujuan
Tes ini mengukur
ketrampilan melakukan passing bawah dalam permainan bola voli
b.
Alat dan perlengkapan
1)
Alat – alat tulis
2)
Bola voli
3)
Lapangan
4)
Stopwatch
5)
Dinding minimal
setinggi 3 meter
c.
Sasaran
Tes ini berlaku
untuk siswa kegiatan ekstrakulikuler SMK
PI Ambarukmo
d.
Validitas
Validitas tes berupa
content validity
e.
Reliabilitas
Reliabilitas yang
digunakan adalah tes ulang
f.
Prosedur pelaksanaan
1)
Petugas
3 orang sebagai
pengambil bola, 1 orang sebagai pencatat skor, 1 orang sebagai penghitung waktu
2)
Pelaksanaan Tes
Peserta tes pertama di
panggil kemudian menghadap ke depan tembok dengan membawa bola voli, kemudian
saat juri berkata mulai peserta memantulkan bola ke atas dan memulai melakukan
passing bawah selama 60 detik dan tes ini dilakukan 2 kali
3)
Penilaian
Skor yang dicatat
adalah jumlah bola yang memantul ke dinding minimal setinggi 3 meter selama 60
detik
3. Service
a.
Tujuan
Tes ini mengukur
ketrampilan melakukan service bawah dalam permainan bola voli
b.
Alat dan perlengkapan
1)
Alat – alat tulis
2)
Bola voli
3)
Lapangan Bola Voli
4)
Net Bola voli
5)
Stopwatch
c.
Sasaran
Tes ini berlaku
untuk siswa kegiatan ekstrakulikuler SMK
PI Ambarukmo
d.
Validitas
Validitas tes berupa
content validity
e.
Reliabilitas
Reliabilitas yang
digunakan adalah tes ulang
f.
Prosedur pelaksanaan
1.
Petugas
3 orang sebagai
pengambil bola, 1 orang sebagai pencatat skor, 1 orang sebagai penghitung waktu
2.
Pelaksanaan Tes
Peserta tes pertama di
panggil kemudian berdiri di garis service lapangan bola voli dengan membawa
bola voli, kemudian saat juri berkata mulai peserta melakukan tekik service
bola melewati net dan mengenai tiga target yang telah ditentukan memulai melakukan
service selama 60 detik dan tes ini dilakukan 2 kali
3.
Penilaian
Skor yang dicatat
adalah jumlah bola yang berhasil menyebrang net dan mengenai target selama 60
detik.
TEST
KETRAMPILAN BOLA BASKET
EKSTRAKULIKULER
A.
TEST
DRIBEL & LAY-UP
Tes
dribel dan lay-up adalah test yang menjadi satu rangkaian. Dimana dalam permaianan bola basket dribel dan lay-up
adalah salah satu kombinasi dalam mncetak angka/skor. Oleh karena itu penilai
mengabungkan test menjadi satu bagian namun dalam skala penilaian tetap di
amati satu bagian saja dribel dan lay-upnya. Test ini di bagi menjadi dua yaitu
dribel lay-up kanan dan dribel dan lay-up kiri.
Pedoman pengamatan penilaian dan pelaksanaan test
keterampilan bola basket dribel & lay-up kanan dan kiri :
Indikator :
Menunjukkan keterampilan dasar bola basket dribel dan lay-up
Penjelasan : Indikator tersebut menunjukakan
keterampilan dribel & lay-up kanan dan kiri
Pelaksanaan
:
- Perserta berbaris urut sesuai dengan presensi,
mengambil posisi di tengah lapangan sebelah kanan untuk dribel lay-up
kanan dan kiri untuk dribel lay-up kiri, perserta menunggu pangilan untuk
melakukan test.
- Perserta melakukan dribel dan lay-up sesuai dengan
teknik dasar yang benar.
- Bola di dribel mulai dai tengah lapangan, bila mulai
dari kanan maka dribel kanan dan apabila mulai dari kiri dribel kiri.
Diskriptor :
- Dribel dilakukan dengan teknik dan cara yang benar
- Bola hasil lay-Up harus masuk.
Skala penilaian
:
5 = Jika perserta menampilkan teknik dan cara yang sangat
baik bola masuk
4 = Jika perserta menampilkan teknik dan cara yang baik
bola masuk
3 = Jika perserta menampilkan teknik dan cara yang cukup
baik bola masuk
2 = Jika perserta menampilkan teknik dan cara yang kurang
baik bola tidak masuk
1 = Jika perserta menampilkan teknik dan cara yang kurang
bola tidak masuk
B.
SHOOTING
FREE ROW & TREE POINT
Test
shoting adalah salah satu test keterampilan bola basket yang arus dilakukan. Karena shooting merupakan keterampilan yang harus di
miliki untuk memasukan bola baik dari jarak jauh dan dekat dengan cara di
shooting. Test shooting ada du bagian yaitu test
shoting free trow dan shoting tree point. Boleh menggunakan tangan kanan atau kiri di sesuaikan
dengan kemampuan.
Pedoman pengamatan penilaian dan pelaksanaan test keterampilan
bola basket shooting Free Trow:
Indikator :
Menunjukkan keterampilan dasar bola basket shooting
Penjelasan : Indikator tersebut menunjukkan
keterampilan shooting free trow
Pelaksanaan :
- Shoting dilakukan sesuai dengan urutan daftar presensi
perserta.
- Shoting
di mulai di tengah lingkaran (daerah tembakan Free trow)
- Perserta di berikan kesempatan shooting 5 kali dan 2
kali shoting percobaan
Diskriptor :
- Shoting dilakukan dengan teknik dan cara yang benar
- Bola harus masuk kedalam keranjang
- Perserta harus dapat memasukkan bola minimal
sebanyak 3 kali
Skala
penilaian :
5 = Teknik dan cara melakukan shooting sangat baik bola
masuk sebanyak > 4 kali
4 = Teknik dan cara melakukan shooting baik bola masuk
sebanyak > 3 kali
3 = Teknik dan cara melakukan shooting cukup baik bola
masuk sebanyak ≤ 3 kali
2 = Teknik dan cara melakukan shooting kurang baik bola
masuk sebanyak < 3 kali
1 = Teknik dan cara melakukan shooting kurang bola masuk
< 3 kali
Pedoman pengamatan penilaian dan pelaksanaan test
keterampilan bola basket shooting Tree Point:
Indikator :
Menunjukkan keterampilan dasar bola basket shooting
Penjelasan : Indikator tersebut menunjukkan
keterampilan shooting tree point
Pelaksanaan :
- Shoting dilakukan sesuai dengan urutan daftar presensi
perserta.
- Shoting dilakukan bebas di luar daerah tembakan tiga
angka.
- Perserta di berikan kesempatan shooting 5 kali dan 2
kali shoting percobaan
Diskriptor :
- Shoting dilakukan dengan teknik dan cara yang benar
- Bola harus masuk kedalam keranjang
- Perserta harus dapat memasukkan bola minimal
sebanyak 2 kali
Skala penilaian :
5 = Teknik dan cara melakukan shooting sangat baik bola masuk sebanyak >
3 kali
4 = Teknik dan cara melakukan shooting baik bola masuk sebanyak > 2 kali
3 = Teknik dan cara melakukan shooting cukup baik bola masuk sebanyak ≤ 2
kali
2 = Teknik dan cara melakukan shooting kurang baik bola masuk sebanyak <
2 kali
1 = Teknik dan cara melakukan shooting kurang bola masuk < 2 kali
C. UNDER
BASKET
Under basket adalah salah satu test dalam teknik dasar
bol basket untuk mengetahui bagaimana persrta dapat memasukkan bola pada jarak
yang dekat dalam waktu satu menit.
Pedoman penilaian dan pelaksanaan test kterampilan bola
basket under basket :
Indikator : Menunjukkan keterampilan dasar bola basket shooting
Penjelasan : Indikator tersebut menunjukan keterampilan shooting
jarak dekat (under basket)
Pelaksanaan :
- Under basket dilakukan sesuia dengan ururtan daftar
presensi perserta
- Under basket dilakukan dan di mulai di bawah ring
- Perserta harus memasukkan bola sebanyak mungkin
dalam waktu satu menit
Diskriptor :
- Shooting harus dilakukan dengan teknik dan cara yang
benar
- Bola harus masuk kedalam keranjang
- Jumlah minimal bola yang masuk adalah 18 kali
Skala penilaian :
5 = Teknik dan cara melakukan under basket sangat baik bola masuk sebanyak
> 25 kali
4 = Teknik dan cara melakukan under basket baik bola masuk sebanyak > 18
kali
3 = Teknik dan cara melakukan under basket cukup baik bola masuk sebanyak ≤
18 kali
2 = Teknik dan cara melakukan under basket kurang baik bola masuk sebanyak
< 18 kali
1 = Teknik dan cara melakukan under basket kurang bola masuk < 18 kali
TES KETRAMPILAN FUTSAL
EKSTRAKULIKULER
Tujuan : Ingin menyusun tes ketrampilan teknik futsal siswa ekstrakulikuler SMK PI Ambarukmo.
Memilih butir gerak :
No.
|
Komponen
Ketrampilan Bola Basket
|
Jumlah
|
1.
|
jugling
|
|
2.
|
Tendangan ke gawang
|
|
3.
|
Passing
|
|
a. Juggling
b.
Tendangan ke gawang
c. Passing
Fasilitas dan
peralatan :
a.
Lapangan futsal
b.
Gawang futsal
c.
Bola futsal
d.
Cone
e.
Peluit
f.
Stopwatch
Laksanakan Percobaan
dan Revisi Butir Tes
Tes juggling, passing
dan menendang bola ke gawang dilakukan siswa peserta ekstrakulikuler futsal SMK
PI Ambarukmo
Subjek :
subjek yang digunakan adalah siswa ekstrakulikuler futsal SMK PI Ambarukmo.
subjek yang digunakan adalah siswa ekstrakulikuler futsal SMK PI Ambarukmo.
Validitas :
Validitas tes yang digunakan adalah membandingkan hasil tes buatan pelatih.
Validitas tes yang digunakan adalah membandingkan hasil tes buatan pelatih.
Realibilitas :
Realibilitas instrument yang digunakan adalah dengan cara tes ulang, yang dilakukan dengan cara setiap testi melakukan tes sebanyak 2 kali ulangan. Hasil tes pertama da awal pertemuan, tes kedua di pertengahan pertemuan dan ketiga di akhir pertemuan dikorelasikan untuk memperoleh realibilitas.
Realibilitas instrument yang digunakan adalah dengan cara tes ulang, yang dilakukan dengan cara setiap testi melakukan tes sebanyak 2 kali ulangan. Hasil tes pertama da awal pertemuan, tes kedua di pertengahan pertemuan dan ketiga di akhir pertemuan dikorelasikan untuk memperoleh realibilitas.
Instrument :
Instrument ini merupakan instrumen yang disusun pelatih, sebagai instrument yang baru, maka norma yang digunakan adalah penilaian acuan norma (PAN), prinsip dasar yang digunakan adalah menggunakan kurve normal, dan pembagian yang dilakukan didasarkan simpangan baku.
Instrument ini merupakan instrumen yang disusun pelatih, sebagai instrument yang baru, maka norma yang digunakan adalah penilaian acuan norma (PAN), prinsip dasar yang digunakan adalah menggunakan kurve normal, dan pembagian yang dilakukan didasarkan simpangan baku.
a. Panduan untuk tes jugling.
b.
Panduan untuk tes tendangan ke gawang.
c. Panduan untuk tes passing
INSTRUMEN PENELITIAN
TES KETRAMPILAN SEPAK BOLA
1. Jugling
a. Tujuan :
tes ini untuk mengukur ketrampilan para anak didik di ekstrakulikuler dalam mempertahankan bola.
b. Alat dan perlengkapan :
1. stopwatch
2. alat tulis
3. bola sepak
4. lapangan
c. Sasaran :
Tes ini berlaku untuk peserta ekstrakulikuler SMK PI Ambarukmo
a. Tujuan :
tes ini untuk mengukur ketrampilan para anak didik di ekstrakulikuler dalam mempertahankan bola.
b. Alat dan perlengkapan :
1. stopwatch
2. alat tulis
3. bola sepak
4. lapangan
c. Sasaran :
Tes ini berlaku untuk peserta ekstrakulikuler SMK PI Ambarukmo
d. Validitas :
Validitas tes berupa Content validity
e. Realibilitas :
Realibilitas yang digunakan dalah tes ulang sebanyak dua kali
f. Prosedur pelaksanaan :
1) Petugas : seorang peghitung waktu dan pencatat skor
2) Pelaksanaan tes :
Testi berdiri di lapangan dengan memegang sebuah bola sepak, ketika ada aba – aba “ mulai” maka testi mulai menjugling bola dengan menggunakan kaki selama 60 detik.
3) Penilaian :
Skor yang dicatat adalah jumlah juggling bola selama 60 detik, yang dilakukan dengan pantulan bola.
Validitas tes berupa Content validity
e. Realibilitas :
Realibilitas yang digunakan dalah tes ulang sebanyak dua kali
f. Prosedur pelaksanaan :
1) Petugas : seorang peghitung waktu dan pencatat skor
2) Pelaksanaan tes :
Testi berdiri di lapangan dengan memegang sebuah bola sepak, ketika ada aba – aba “ mulai” maka testi mulai menjugling bola dengan menggunakan kaki selama 60 detik.
3) Penilaian :
Skor yang dicatat adalah jumlah juggling bola selama 60 detik, yang dilakukan dengan pantulan bola.
2. Menendang bola ke gawang
a. Tujuan :
Tes ini bertujuan untuk mengukur keterampilan tendangan ke gawang dalam permainan futsal.
b. Alat dan perlengkapan :
1) alat – alat tulis
2) Bola sepak 10 buah
3) Lapangan permainan dengan gawang dan garis / cone sebagai tempat melakukan tendangan.
c. Sasaran :
Tes ini berlaku untuk peserta ekstrakulikuler SMK PI Ambarukmo
d. Validitas :
Validitas tes berupa Conten validity
e. Reliabilitas :
Realibilitas yang digunakan adalah tes ulang.
f. Prosedur pelaksanaan :
a. Tujuan :
Tes ini bertujuan untuk mengukur keterampilan tendangan ke gawang dalam permainan futsal.
b. Alat dan perlengkapan :
1) alat – alat tulis
2) Bola sepak 10 buah
3) Lapangan permainan dengan gawang dan garis / cone sebagai tempat melakukan tendangan.
c. Sasaran :
Tes ini berlaku untuk peserta ekstrakulikuler SMK PI Ambarukmo
d. Validitas :
Validitas tes berupa Conten validity
e. Reliabilitas :
Realibilitas yang digunakan adalah tes ulang.
f. Prosedur pelaksanaan :
1) Petugas :
Seorang membawa peluit,penghitung bola yang masuk ke gawang dan pencatat skor.
Seorang membawa peluit,penghitung bola yang masuk ke gawang dan pencatat skor.
2) Pelaksanaan tes :
Testi berdiri di garis batas yang berada di depan gawang dengan jarak 15 meter dari gawang, kemudian 10 bola diletakan digaris tersebut. Setelah ada bunyi peluit testi mulai menendang bola ke gawang satu per satu, dari awal tendangan testi dilarang berhenti sampai ke tendangan yang ke 10.
Testi berdiri di garis batas yang berada di depan gawang dengan jarak 15 meter dari gawang, kemudian 10 bola diletakan digaris tersebut. Setelah ada bunyi peluit testi mulai menendang bola ke gawang satu per satu, dari awal tendangan testi dilarang berhenti sampai ke tendangan yang ke 10.
3. Passing
a. Tujuan :
tes ini untuk mengukur ketrampilan para anak didik di ekstrakulikuler dalam mengumpan bola.
b. Alat dan perlengkapan :
1. Alat tulis
a. Tujuan :
tes ini untuk mengukur ketrampilan para anak didik di ekstrakulikuler dalam mengumpan bola.
b. Alat dan perlengkapan :
1. Alat tulis
2. bola sepak
3. Lapangan
4. Cone
5. Peluit
c. Sasaran :
Tes ini berlaku untuk peserta ekstrakulikuler SMK PI Ambarukmo
d. Validitas :
Validitas tes berupa Content validity
e. Realibilitas :
Realibilitas yang digunakan dalah tes ulang sebanyak dua kali
f. Prosedur pelaksanaan :
1) Petugas : seorang peghitung waktu dan pencatat skor
2) Pelaksanaan tes :
Testi berdiri di lapangan di garis memulai dengan memegang sebuah bola sepak, ketika ada aba – aba “ mulai” maka testi mulai melakukan passing bola ke arah target yang di beri tanda gengan cone sebanyak 10 kali kesempatan.
Validitas tes berupa Content validity
e. Realibilitas :
Realibilitas yang digunakan dalah tes ulang sebanyak dua kali
f. Prosedur pelaksanaan :
1) Petugas : seorang peghitung waktu dan pencatat skor
2) Pelaksanaan tes :
Testi berdiri di lapangan di garis memulai dengan memegang sebuah bola sepak, ketika ada aba – aba “ mulai” maka testi mulai melakukan passing bola ke arah target yang di beri tanda gengan cone sebanyak 10 kali kesempatan.
3) Penilaian :
Skor yang dicatat adalah jumlah bola masuk ke target dimulai dari passingan pertama hingga passingan ke 10.
Skor yang dicatat adalah jumlah bola masuk ke target dimulai dari passingan pertama hingga passingan ke 10.
sisil ternyata punya blogs
BalasHapus